Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

This Day

Asumsi Dasar Laporan Keuangan


A.                       Dasar Akrual
Untuk mencapai tujuannya, laporan keuangan disusun atas dasar akrual. Dengan dasar ini, pengaruh transaksi dan peristiwa lain diakui pada saat kejadian (dan bukan pada saat kas / setara kas diterima / dibayar) dan dicatat dalam catatan akuntansi serta di laporkan dalam laporan keuangan pada periode yang bersangkutan. Artinya laporan mengenai transaksi tersebut tidak dilaporkan pada laporan keuangan sebelum / sesudah periode yang bersangkutan.
Laporan keuangan yang disusun atas dasar akrual memberikan informasi kepada pemakai tidak hanya transaksi masa lalu yang melibatkan penerimaan dan pembayaran kas tetapi juga kewajiban pembayaran kas di masa depan serta sumber daya yang mempresentasikan kas yang akan diterima di masa depan.

B. Kelangsungan Usaha
Laporan keuangan biasanya disusun atas dasar akuntansi kelangsungan usaha perusahaan dan akan melanjutkan usahanya di masa depan. Oleh karena itu, perusahaan diasumsikan tidak bermaksud dan berkeinginan melituidasi / mengurangi secara material skala usahanya. Jika maksud dan keinginan tersebut timbul, laporan keuangan mungkin harus disusun dasar yang berbeda & dasar yang digunakan  harus diungkapkan.          

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Touriste

Loading...