Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

This Day

Sistem Pencatatan persediaan


Persediaan Barang dagangan atau istilah akuntansinya dalah merchandise inventory adalah barang – barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk dijual kepada pelanggan. Dalam hal mengawasi persediaan barang dagangan di suatu perusahaan, perusahaan membuat catatan tentang persediaan barang di dalam kartu persediaan. Sistem pencatatannya ada dua, yaitu sistem periodik (periodic system) dan sistem terus menerus (perpectual system). Berikut penjelasannya
    
         Periodic system atau sistem periodik
Sistem periodic sering dipakai oleh perusahaan dagang yang frekuensi penjualan barang dagangannya sering terjadi dan harga barang dagangannya relative murah.

Dalam sistem periodik ini mempunyai kelebihan yaitu apabila ada kesalahan pencatatan bisa dengan lebih mudah menemukannya karena semua transaksi pembelian, penjualan, maupun retur selalu dicatat dalam kartu sediaan. Tetapi kelemahannya yaitu kita harus menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) saat membuat laporan laba rugi.
b     Perpectual system atau system terus menerus
Sistem perpectual atau terus menerus sering dipakai oleh perusahaan dagang yang frekuensi penjualan barang dagangannya jarang terjadi dan biasanya harga barang yang dijual relative mahal.
Kelebihan dari system perpectual ini adalah kita tidak harus memperhitungkan Harga Pokok Penjualan (HPP) karena pada saat terjadi penjualan kita sudah dapat menghitung Harga Pokok Penjualannya (HPP). Tetapi system ini juga memiliki kekurangan yaitu kita tidak dapat menemukan kesalahan pencatatan dengan cepat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Touriste